Health

Waspada, Ini 5 Gejala Tak Biasa Serangan Jantung Pada Wanita

Suara.com – Nyeri dada bukan satu-satunya gejala serangan jantung. Pada wanita, gejala tak biasa juga bisa menandakan adanya serangan jantung.

Orang mungkin merasa bahwa semua serangan jantung datang dengan nyeri dada atau nyeri di lengan kiri Anda.

Tetapi selama bertahun-tahun, penelitian telah mengungkapkan bahwa film apa yang menunjukkan kepada Anda tentang serangan jantung mungkin tidak benar.

Penelitian telah menemukan bahwa tidak hanya gejala ini tidak standar untuk semua pasien, tetapi wanita memiliki gejala serangan jantung yang berbeda dari pria.

Dan dalam banyak kasus, tanda-tanda dapat berkembang beberapa minggu sebelum kejadian jantung yang sebenarnya.

Ilustrasi jantung manusia (Shutterstock).
Ilustrasi jantung manusia (Shutterstock).

Kelelahan

Dilansir melalui News18, pada tahun 2003, AHA mensurvei lebih dari 500 wanita yang selamat dari serangan jantung, yang hasilnya dicetak dalam jurnal Circulation.

Di antara 95 persen peserta yang mengatakan mereka melihat sesuatu yang tidak beres dalam sebulan sebelum serangan jantung mereka, yang paling umum adalah kelelahan yang tidak dapat dijelaskan.

Menurut penelitian, 71 persen wanita menggambarkan merasa lelah tanpa alasan yang sah pada minggu-minggu sebelum serangan jantung mereka.

Dalam sebuah artikel untuk Klinik Cleveland, ahli jantung Leslie Cho, mengatakan bahwa jika kelelahan Anda baru atau dramatis, Anda harus mempertimbangkan kemungkinan serangan jantung.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close