Health

Waspada, Berbagi Earbud Bisa Picu Jerawat di Telinga

Suara.com – Jerawat dapat muncul hampir di mana saja, termasuk bagian dalam telinga Anda. Kondisi ini memang bikin tak nyaman dan bisa muncul karena kebiasaan, termasuk dari earbud Anda. 

Melansir dari Insider, seperti semua jerawat, jerawat telinga dapat dipicu oleh folikel rambut yang tersumbat atau bakteri yang menyerang. 

Earbud yang masuk ke dalam telinga Anda dan menekan kulit saluran telinga Anda dapat menyumbat folikel rambut di telinga dan menjebak kotoran dan bakteri. 

“Karena bagian dalam telinga adalah lingkungan yang hangat dan lembab, bakteri penyebab jerawat berkembang biak di sana,” kata Lauren Levy, MD, dokter kulit bersertifikat dan spesialis jerawat di praktik pribadi.

“Kemudian saat berbagi earbud, Anda mungkin juga terpapar lebih banyak jenis bakteri baru yang dapat meningkatkan wabah,” kata Robert Anolik, MD, dokter kulit bersertifikat dan anggota American Academy of Dermatology. 

Jika Anda harus menggunakan earbud bersama, pertimbangkan untuk menyekanya dengan bantalan alkohol atau tisu antibakteri.

“Kotoran telinga juga dapat menyumbat pori-pori di telinga Anda, kata Anolik. Jika Anda tidak membersihkan kotoran telinga setiap kali menumpuk, itu dapat menyebabkan jerawat di telinga,”ujar Anolik. 

Untuk menjaga kesehatan telinga, bersihkan kotoran atau kotoran di telinga setidaknya sekali atau dua kali seminggu dengan kapas. Hindari memasukkan sesuatu terlalu dalam ke saluran telinga Anda karena ini dapat mendorong kotoran telinga lebih dalam ke telinga Anda. 



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close