Tekhnology

Viral! Setinggi 51 CM, Ini Sapi Terpendek di Dunia dan Terungkap Penyebabnya

Suara.com – Dunia maya dihebohkan dengan munculnya seekor sapi terpendek di dunia.

Sontak saja hal ini membuat ribuan pengunjung berkerumun ke sebuah peternakan kecil di Bangladesh untuk melihat fenomena langka ini.

Rani, sapi Bhutan berusia 23 bulan yang sudah dewasa, telah menarik minat banyak orang belakangan ini meskipun ada pembatasan lokal Covid-19.

“Saya belum pernah melihat yang seperti ini dalam hidup saya,” kata pengunjung Rina Begum kepada BBC News dikutip Livescience, Minggu (18/7/2021).

Sapi setengah ukuran, yang baru-baru ini menjadi sensasi media sosial, sedang dalam proses diverifikasi oleh Guinness World Records sebagai sapi terpendek di dunia.

Rani tingginya hanya 20 inci (51 sentimeter), yang berarti bahwa setelah pengukurannya diverifikasi, dia akan dengan mudah memecahkan rekor yang dibuat oleh Manikyam, sapi Vechur setinggi 24 inci (61 cm) di India sebaga pemegang Guinness saat ini.

Manikyam, sapi Vechur setinggi 24 inci (61 cm). [Guinnessworldrecords]
Manikyam, sapi Vechur setinggi 24 inci (61 cm). [Guinnessworldrecords]

Bobot sapi Vechur sebagai pemegang Rekor Dunia pun cukup ringan, hanya 57 pon (26 kilogram).

Lalu apa yang membuat Rani begitu pendek? Salah satu faktor dalam perawakan Rani adalah keturunannya.

Sapi Bhutan, seperti sapi Vechur, biasanya disebut sebagai sapi kerdil karena individu dari jenis ini dibiakkan menjadi kecil.

Breed sapi kerdil sering diproduksi karena kemampuannya menghasilkan susu dalam jumlah besar tanpa memerlukan banyak makanan.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close