Tekhnology

Trafik Data Meningkat 88%, XL Axiata Tambah Jaringan di Sukabumi

Suara.com – Trafik pengguna layanan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus meningkat di berbagai wilayah, termasuk di Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Di wilayah tersebut, dalam dua tahun terakhir terjadi peningkatan trafik data hingga 88 persen.

Guna menjaga kualitas jaringan data tetap prima dan sekaligus melayani permintaan pasar dari area-area baru, XL Axiata terus melakukan pembangunan jaringan.

Region Group Head XL Axiata Jabodetabek, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan perusahaan terus memantau wilayah-wilayah yang mengalami peningkatan trafik data secara signifikan, salah satunya Sukabumi.

“Kami mendeteksi permintaan dari area-area baru. Karena itulah, pembangunan jaringan data ini kami terus lakukan baik untuk meningkatkan kualitas layanan di area yang terus mengalami kenaikan trafik, maupun ke area-area baru yang memiliki potensi besar,” terangnya dalam keterangan resminya.

Menurut Sofia, saat ini jaringan XL Axiata di Sukabumi sudah menjangkau hingga 70 persen wilayah Sukabumi dengan jaringan 4G.

Pemantauan jaringan XL Axiata. [XL Axiata]
Pemantauan jaringan XL Axiata. [XL Axiata]

Dalam setahun terakhir ini, XL Axiata telah menambah sekitar 109 BTS 4G. Total lebih dari 1.150 BTS yang kini tersebar, melayani lebih dari 400 ribu pelanggan.

Khusus di wilayah Kota Sukabumi, XL Axiata memiliki lebih dari 230 BTS, dengan jumlah BTS 3G/4G hampir mencapai 180 BTS.

Jumlah tersebut meningkat sebesar 35 persen dibanding tahun lalu.

Selain fokus melakukan pembangunan jaringan 4G, XL Axiata juga memperkuat layanan data dengan memperluas pembangunan jaringan kabel serat fiber optik yang jalurnya masuk hingga ke BTS-BTS di pelosok Sukabumi.

Pembangunan jaringan fiber optik terbaru di wilayah Sukabumi telah berhasil dilakukan pada 63 BTS yang saling terkoneksi.

Terdapat sebanyak 37 BTS yang tersebar di wilayah Kota Sukabumi yang sudah terfiberisasi. Sementara itu, di wilayah Kabupaten Sukabumi, sebanyak 26 BTS yang sudah terfiberisasi.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close