Health

Temuan Litbangkes, Ini Jamu untuk Atasi Radang Sendi

Suara.com – Sering dikaitkan dengan pertambahan usia, penyakit radang sendi atau osteoartritis (OA) merupakan penyakit degeneratif pada sendi. Penyakit ini merupakan penyebab utama gangguan otot dan sendi di seluruh dunia dan menjadi penyebab ketidakmampuan fisik terbesar kedua setelah penyakit jantung untuk usia di atas 50 tahun.

World Health Organization (WHO) memperkirakan 400 per seribu populasi dunia yang berusia di atas 70 tahun menderita OA dan 800 per seribu pasien OA mempunyai keterbatasan gerak derajat ringan sampai berat yang mengurangi kualitas hidup mereka.

Lalu bagaimana cara mengobati gerak sendi? Dilansir dari Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI, untuk mengobati penyakit ini bisa dicegah lewat ramuan jamu.

Lewat penelitian Saintifikasi Jamu, riset berbasis pelayanan ini telah menghasilkan penelitian formula jamu yang terbukti aman dan berkhasiat. Sejak diluncurkan pada tahun 2013, beberapa formula jamu saintifik sudah dihasilkan, salah satunya jamu untuk mengobati radang sendi lutut. Berikut ramuannya:

  • Biji adas 3 gram
  • Daun kumis kucing 5 gram
  • Herba rumput bolong 5 gram
  • Rimpang temulawak 15 gram
  • Rimpang kunyit 15 gram
  • Herba meniran 7 gram

Ramuan di atas dibandingkana dengan obat standar piroxicam. Penelitian ini bersifat multicenter dengan melibatkan 30 dokter yang telah mendapatkan pelatihan Saintifikasi Jamu. Dokter peneliti berasal dari 20 kabupaten yaitu Temanggung, Karanganyar, Surakarta, Sragen, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Semarang, Kendal, Pekalongan, Tegal, Bantul, Kulon Progo, Metro Lampung, Palembang, Kapuas, Makassar, Kendari, Malang, Denpasar serta Rumah Riset Jamu Hortus Medicus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ramuan jamu ini mampu menurunkan nyeri sebanding dengan obat moderen. Jamu juga mampu memperbaiki fungsional sendi dengan mengurangi rasa kekakuan sendi, kesulitan bergerak dan mengurangi derajat ketergantungan secara signifikan sejak hari ke-7 sampai hari ke-28.

Pemberian ramuan jamu untuk OA selama 28 hari intervensi dan obat pembanding, tidak ditemukan gejala atau efek samping yang serius. Jamu untuk OA dan obat pembanding tidak mengganggu fungsi hati dan fungsi ginjal.

Mengacu kepada hasil riset, maka jamu saintifik radang sendi lutut memiliki khasiat sebanding dengan obat moderen dalam meredakan nyeri dan meningkatkan gerak sendi. Jamu ini dapat meningkatkan kualitas hidup penderita dan aman digunakan.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close