Health

Tanpa Surat Domisili, Sekarang Masyarakat Bisa Dapat Vaksin Covid-19 di Bandara Soeta

Suara.com – Pemerintah masih terus berupaua mempercepat dan memperluas pelaksanaan program vaksinasi Covid-19. Bahkan, kini ada sentra Vaksinasi di Bandara.

Ini merupakan insiatif dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Kantor Kesehatan Pelabuhan-Kementerian Kesehatan (KKP-Kemenkes) Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II (AP II), dan Traveloka.

Layanan vaksinasi di Bandara ini berada di Terminal 2 dan Terminal 3, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Banten. Layanan vaksinasi ini beroperasi setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB pada tanggal 12-25 Juli 2021.

Target dari vaksinasi ini ialah masyarakat usia 18 tahun hingga lansia tanpa syarat domisi. Sebanyak 14 ribu penerima ditargetkan mendapatkan vaksin dosis pertama selama 2 minggu periode pelaksanaan.

Ilustrasi Vaksin Covid
Ilustrasi Vaksin Covid

Dalam keterangannya, Senin, (12/7/2021), dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM. MARS., Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, mengatakan, salah satu prioritas pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 saat ini adalah dengan mempercepat pelaksanaan vaksinasi.

Target kami untuk dapat melakukan vaksinasi 1-2 juta dosis setiap harinya. Untuk itu, kerja sama dengan berbagai pihak sangat diperlukan, seperti yang dilakukan oleh Kemenkes, KKP, AP II, dan Traveloka untuk menghadirkan layanan Vaksinasi di Bandara ini.

“Kami berharap, layanan ini dapat membantu upaya pemerintah memperluas cakupan vaksinasi dan mempermudah masyarakat Indonesia dalam mendapatkan vaksinasi COVID-19, harapannya agar kekebalan kelompok (herd immunity) dapat segera tercipta,” kata dia.

Senada dengan Kemenkes RI, Agus Haryadi, Executive General Manager, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, juga menyampaikan pentingnya untuk memberikan kemudahan akses vaksinasi kepada masyarakat.

Pemilihan lokasi vaksinasi di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga dinilai tepat mengingat bandara merupakan salah satu pintu keberangkatan dan kedatangan dengan traffic yang cukup tinggi.

Sementar itu, Iko Putera, Director of Transport, Traveloka mengungkapkan juga mengatakan bahwa layanan Vaksinasi di Bandara merupakan salah satu manifestasi dari komitmen Traveloka untuk membantu upaya pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 di tanah air.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close