Health

Studi: Vaksin Covid-19 Membangun Antibodi Lebih Kuat daripada Pulih dari Infeksi

Suara.com – Orang yang telah divaksinasi Covid-19 penuh (dua dosis) memiliki respons sistem kekebalan yang jauh lebih kuat terhadap virus corona baru, daripada mereka yang sebelumnya telah terinfeksi. Hal ini dinyatakan dalam penelitian dari Israel.

Perlu diingat bahwa vaksinasi di Israel menggunakan Pfizer. 

“Individu yang divaksinasi memiliki tingkat antibodi tertinggi, hampir tiga kali lebih tinggi daripada individu yang pulih dari gejala Covid-19,” sebuah tim Israel melaporkan seperti yang dikutip dari Medicinenet.

Sementara 99,4 persen orang yang divaksinasi dan dinyatakan positif memiliki antibodi penangkal Covid-19 dalam sampel darah hanya enam hari setelah dosis vaksin kedua mereka, jumlah ini turun menjadi hanya di bawah 76 persen untuk orang yang pulih dari Covid-19 infeksi.

Temuan ini mungkin mendorong orang  yang pernah terinfeksi untuk tetap mendapatkan vaksin.

“Ini adalah studi yang menggembirakan yang lebih lanjut menegaskan bahwa vaksinasi terhadap Covid-19 memberikan respons kekebalan yang lebih kuat daripada pulih dari infeksi,” kata pakar Covid-19 Dr. Eric Cioe-Peña yang mengarahkan Kesehatan Global di Northwell Health, di New Hyde Park , NY Dia tidak terlibat dalam penelitian baru.

Ilustrasi Vaksin Covid
Ilustrasi Vaksin Covid

Melansir dari Medicinenet, Studi ini juga menemukan bahwa pria dan wanita memiliki tingkat antibodi yang berbeda setelah vaksinasi atau infeksi.

“Sudah diketahui bahwa ada perbedaan dalam respons kekebalan yang bervariasi menurut jenis kelamin,” kata ahli virologi Dr. Amesh Adalja, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut.

“Ini kemungkinan hasil dari perbedaan proporsi hormon seperti estrogen dan testosteron,” kata Adalja, seorang sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins, di Baltimore.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close