Tekhnology

Strategi Kominfo Siapkan Talenta Digital Indonesia

Suara.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyiapkan beberapa program memungkinkan masyarakat memasuki ruang digital.

“Potensinya besar dan ini kerjanya lintas kementerian dan lembaga. Di sinilah membangun mulai dari yang paling dasar yaitu talenta digital itu sendiri,” katanya dalam siaran pers, Rabu (14/7/2021).

Salah satu program yang dijalankan Kemkominfo adalah Gerakan Literasi Digital yang menargetkan 12,4 juta orang setiap tahun.

Mereka akan diberikan akses pelatihan virtual tentang digital dasar, kurikulum seperti etika digital, keamanan digital, budaya digital, dan keterampilan digital dasar.

Untuk menyiapkan masyarakat digital, Kominfo menyiapkan program Digital talent Scholarship yang yang dirancang khusus bagi Generasi Milenial Indonesia, diikuti setidaknya 100.000 peserta setiap tahun.

“Program ini cocok untuk mereka yang memiliki keterampilan menengah dan berfokus pada komputasi awan, AI, IoT, Big Data Analytics, dll. Kami juga mengundang perusahaan teknologi global untuk bergabung dengan kami dalam model pelatihan digital ini,” kata Plate.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat jumpa pers online tentang 5G, Senin (24/5/2021). (ANTARA/Tangkapan layar Kemkominfo TV)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat jumpa pers online tentang 5G, Senin (24/5/2021). (ANTARA/Tangkapan layar Kemkominfo TV)

Kemudian ada pula program Digital Leadership Academy untuk mendukung pengembangan kota cerdas dan pembuat kebijakan digital, serta pendiri startup digital.

Program talenta digital secara masif ini disiapkan untuk mendukung masyarakat Indonesia go digital dan ambil bagian dalam Percepatan Transformasi Digital Indonesia.

“Kami telah menyiapkan 100 inisiatif utama 2021-2024 yaitu infrastruktur ICT, e-Government, Legislasi Utama untuk mendukung Ruang Digital, adopsi teknologi baru di sektor industri, termasuk Kesehatan Digital, Pendidikan Digital, Media Digital, Penyiaran Digital, e-Commerce, Digital Fintech, Digital Banking, Pariwisata, dan Logistik,” paparnya.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close