Health

Selain Jadi Sumber Protein Nabati, Ini Manfaat Lain Makan Tahu

Suara.com – Selain tempe, tahu juga merupakan makanan populer yang terbuat dari kacang kedelai. Tahu sendiri dapat menjadi pengganti sehat dari daging, sebab tahu merupakan sumber protein yang berkualitas dan dikemas dengan berbagai mineral.

Makan tahu sangat baik bagi yang ingin diet maupun yang tidak, karena bermanfaat bagi otot, tulang bahkan jantung.

Dirangkum dari Live Strong, berikut berbagai macam manfaat makan tahu untuk kesehatan.

1. Sumber protein yang bagus

Tubuh membutuhkan protein untuk membangun dan memelihara otot, kulit, dan tulang. “Tahu itu bagus, protein berkualitas tinggi yang sangat terjangkau,” kata Joan Salge Blake, EdD, RDN, seorang profesor klinis di Boston University.

“Hal ini (tahu) dapat digunakan sebagai pengganti daging atau protein yang benar-benar menyerap rasa dari masakannya,” tambahnya.

Meskipun sebagian besar makanan nabati bukanlah protein lengkap, artinya mereka tidak memasok semua asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh sendiri seperti protein hewani, tahu adalah pengecualian dan dianggap sebagai protein lengkap.

Ilustrasi tahu. (Pixabay/hanul choi)
Ilustrasi tahu. (Pixabay/hanul choi)

2. Bermanfaat untuk jantung

Untuk mencegah penyakit jantung, yang terbaik adalah memilih sumber protein rendah lemak seperti daging tanpa lemak, unggas dan ikan, produk susu rendah lemak, telur dan kacang-kacangan seperti kedelai.

Karena tahu merupakan sumber protein yang baik dan mengandung sedikit lemak serta tidak mengandung kolesterol, maka tahu bisa menjadi pengganti daging yang baik.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close