Health

Saran Hidup Sehat Dokter Zaidul Akbar untuk Pasien Perlemakan Hati

Suara.com – Dokter Zaidul Akbar berikan tips pola hidup sehat untuk pasien perlemakan hati atau Fatty Liver.

Fatty Liver atau steatosis adalah kondisi hati yang sudah tertutup lemak lebih dari 5 persen berat total hati.

Lantaran fungsi hati menyaring makanan dan darah tidak bisa dilakukan maksimal, kondisi ini harus diwaspadai karena akan memicu penyakit kronis lain, seperti sakit jantung hingga stroke.

Menurut Dokter Zaidul, wajib hukumnya penderita perlemakan hati untuk menjaga pola hidup sehat. Salah satunya dengan membatasi atau menghilangkan konsumsi makanan berlemak.

“Ketahuilah bahwa lemak itu bisa didapatkan atau diserap tubuh lewat lemak itu sendiri. Sebagai contoh misalnya, orang makan lemak, lemak baik atau lemak tidak baik,” ujarnya mengutip kanal YouTube dr. Zaidul Official, Selasa (13/7/2021).

Dokter Zaidul Akbar. (Dok: YouTube/dr. Zaidul Akbar Official)
Dokter Zaidul Akbar. (Dok: YouTube/dr. Zaidul Akbar Official)

Dokter yang terkenal dengan konsep Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu mengingatkan, terkhusus untuk lemak tidak baik dari makanan yang digoreng atau lemak trans akan langsung diserap tubuh.

Itulah kenapa ia menyarankan untuk membatasi atau menghindari jenis makanan yang digoreng.

Selanjutnya, disarankan untuk mengganti makanan sumber penghasil lemak, seperti gula pasir, tepung, dan nasi putih yang bisa berubah menjadi lemak jika energinya tidak terpakai.

“Terutama karbohidrat olahan itu seperti makanan roti dan segala macam berhenti. Kuncinya perbaiki pola makan, lemaknya diganti dengan lemak yang sehat,” ungkapnya.

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) itu menyarankan untuk mengonsumsi lemak yang lebih sehat berasal dari sayuran, buah-buahan, hingga kacang-kacangan yang diperhatikan cara mengolahnya.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close