Health

Sakit Perut Bagian Atas dan BAB Berdarah Gara-gara Doyan Makan Pedas, Apa Kata Dokter?

Suara.com – Sakit perut usai makan pedas rentan dikaitkan dengan masalah kesehatan pada lambung. Lalu, apakah makanan pedas juga bisa menyebabkan buang air besar (BAB) berdarah?

Dalam forum Smarterhealth.id, seorang lelaki bernama Chris bertanya tentang kondisi kesehatan saluran cernanya. Ia mengaku gemar makan pedas namun kerap mengalami sakit perut bagian atas sekaligus BAB berdarah.

Ia juga mengeluhkan BAB yang lebih keras dari biasanya dan merasa nyeri di bagian ulu hati. Lalu, apa kata dokter?

Menjawab pertanyaan tersebut, dr Poh Choo Hean, pakar saluran pencernaan dari Mount Elizabeth Novena Hospital, Singapura, mengatakan bahwa ada dua keluhan utama yang dialami, yakni nyeri ulu hati dan BAB berdarah.

Untuk nyeri ulu hati dan sakit perut bagian atas, dr Poh mengatakan kemungkinan besar hal ini berhubungan dengan masalaah asam.

ilustrasi sakit perut. (Dok. Shutterstock)
ilustrasi sakit perut. (Dok. Shutterstock)

“Kadang-kadang, beberapa makanan bisa memicu rasa sakit. Jika rasa sakitnya tak mau hilang, sebaiknya temui dokter untuk memeriksakan perut dan jika perut ternyata normal, Anda mungkin perlu usg untuk mengecek apakah ada batu empedu,” tulisnya.

Sementara untuk BAB berdarah, kuat kemungkinan penyebabnya adalah penyakit ambeien alias wasir. Wasir ditandai dengan BAB berdarah sekaligus buang air besar yang keras.

Untuk itu, ia menyarankan agar memeriksakan diri ke dokter. Pemeriksaan perlu dilakukan agar pasien mendapatkan pengobatan yang tepat.

“Tapi lebih baik periksakan kondisi usus untuk memastikan tidak ada masalah serius, terutama jika Anda sulit buang air,” tutupnya.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close