Tekhnology

Pecahkan Rekor, Kecepatan Internet di Jepang Tembus 319 Terabit per Detik

Suara.com – Para peneliti dari National Institute of Information and Communications Technology (NICT) Jepang, berhasil memecahkan rekor dunia dengan menghadirkan kecepatan internet 319 terabit per detik.

Kecepatan internet ini memecahkan rekor sebelumnya, dengan angka 178 TB per detik yang diciptakan oleh peneliti di Jepang dan Inggris setahun lalu.

Tes kecepatan internet itu dilakukan di laboratorium menggunakan teknologi eksperimental kabel serat optik, dengan empat core di dalam kabel ukuran standar.

Sebagai perbandingan, biasanya kabel serat optik hanya memakai satu core dan banyak bahan penutup untuk melindungi data di dalamnya.

“Empat core dengan diameter kelongsong standar menarik untuk penggunaan awal serat optik dalam kapasitas tinggi dan koneksi jarak jauh,” tulis NICT dalam eksperimennya, dikutip dari Vice, Senin (19/7/2021).

Pasalnya, kompatibel dengan infrastruktur kabel konvensional dan diharapkan memiliki keandalan mekanis sebanding dengan serat optik tunggal.

Ilustrasi kabel serat optik Shutterstock).
Ilustrasi kabel serat optik (Shutterstock).

Para ahli melakukan transfer data sejauh 3.001 km tanpa mengalami penurunan sinyal atau kecepatan.

Kecepatan ini juga didukung tembakan 552 saluran laser di berbagai panjang gelombang dan didorong lewat amplifier untuk mendapatkan kecepatan tinggi.

Meski begitu, kecepatan hasil laboratorium ini dinilai sulit untuk diterapkan dalam dunia nyata.
Sebab memerlukan waktu lama dan biaya lebih besar dalam penerapannya.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close