Health

Pasien Isoman Bogor, Depok dan Bekasi Bisa Dapat Obat dan Vitamin Gratis, Begini Caranya

Suara.com – Kabar baik, setelah DKI Jakarta kini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperluas layanan telemedicine atau konsultasi dokter, obat dan vitamin gratis untuk pasien Covid-19 isolasi mandiri di Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek).

Keputusan ini diambil setelah mendapat respon positif, yakni memudahkan pasien Covid-19 di DKI Jakarta melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah, tanpa harus datang ke rumah sakit.

Sehingga pasien Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan bisa tetap mendapat layanan kesehatan, dan rumah sakit hanya diperuntukkan pasien Covid-19 bergejala sedang, berat dan kritis.

e-health aplikasi konsultasi online, konsultasi dokter online [shutterstock]
e-health aplikasi konsultasi online, konsultasi dokter online [shutterstock]

Berdasarkan siaran pers yang diterima suara.com, Rabu (14/7/2021), masyarakat DKI dan Bodebek bisa berkonsultasi dengan dokter dan mendapat obat serta vitamin gratis lewat 11 platform telemedicine Indonesia yang bekerjasama dengan Kemenkes, diantaranya Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat dan Getwell.

Agar lebih efektif dan efisien, kini alur layanan telemedicine Covid-19 dibuat lebih ringkas. Pasien tidak perlu lagi mengirimkan pesan ke apotik Kimia Farma, tapi cukup mengisi form pemesanan obat dan unggah KTP di platform telemedicine yang dipilih, dan semuanya akan langsung diproses secara otomatis.

Prosedur telemedicine, obat dan vitamin gratis pasien Covid-19

Layanan telemedicine gratis ini dimulai dari pengambilan dan pemeriksaan sampel di laboratorium. Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR atau Antigen di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan.

Jika hasilnya positif dan laboratorium penyedia layanan test Covid-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kementerian Kesehatan (NAR), maka pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

Setelah dapat WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 11 layanan telemedicine.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close