Health

Nafa Urbach Punya Asma dan Positif Covid-19, Ikuti Panduan Ini!

Suara.com – Nafa Urbach positif Covid-19 sejak melakukan tes PCR pada 16 April 2021. Mantan istri Zack Lee ini mengumumkan dirinya termasuk pasien Covid-19 bergejala ringan.

Saat itu, Nafa Urbach melakukan tes PCR guna persyaratan penerbangan ke Bali, menyusul anaknya Mikha. Setelah dinyatakan positif Covid-19, Nafa Urbach memilih isolasi mandiri di rumah.

Karena Nafa Urbach memiliki riwayat penyakit asma, ia sempat merasakan sesak napas dan berhasil ditangani dengan obat-obatan serta oksigen.

“Cuma memang aku tuh ada asma guys, jadi memang nggak enak di asma aja, karena jadi sesak. Tapi sekarang sudah mulai membaik kok, sudah minum obat sama ada obat China juga, dan dibantu oksigen jg,” kata Nafa Urbach.

Orang dengan komorbid asma termasuk kelompok yang berisiko terinfeksi virus corona Covid-19. Karena itu dilansir dari Hellosehat, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan penderita asma ketika mengembangkan gejala Covid-19.

Nafa Urbach [Instagram]
Nafa Urbach [Instagram]
  1. Tetap berada di rumah dan lakukan konsultasi via internet.
  2. Menggunakan layanan khusus untuk Covid-19 demi mendapatkan saran.
  3. Memberitahu tenaga kesehatan bahwa Anda menderita asma dan gejalanya memburuk.
  4. Mencari tahu perbedaan batuk biasa dengan batuk saat terinfeksi Covid-19.
  5. Tetap mengikuti rencana tindakan asma yang sudah dibuat.
  6. Minum obat asma yang sudah diresepkan dokter seperti biasa.
  7. Minta bantuan ke petugas medis via telepon jika gejala Covid-19 tidak kunjung mereda.

Penggunaan inhaler memang dapat membantu meredakan gejala asma, seperti sesak napas dan batuk. Namun, pemakaian inhaler mungkin tidak dapat membantu meringankan gejala sesak napas akibat virus corona Covid-19.

Penderita asma dan virus corona Covid-19 memang bisa mengalami gejala yang sama, tetapi penyebabnya berbeda. Sedangkan, inhaler hanya berfungsi untuk melawan gejala yang disebabkan oleh asma.

Tapi, tak ada salahnya bila Anda ingin menggunakan inhaler atau mengikuti rencana tindakan ketika serangan asma untuk meringankan sesak dada.

Penderita asma mungkin lebih berisiko mengembangkan komplikasi yang serius dari Covid-19. Tapi, tindakan asma yang matang dan cara mencegah Covid-19 perlu dilakukan untuk mengurangi risiko tersebut. Jika Anda merasakan gejala Covid-19, segera hubungi layanan kesehatan khusus yang menangani hal ini.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close