Muncul Petisi Desak Jokowi Pecat Firli Ketua KPK, Ngabalin: Gak Usah Narik-narik Presiden!

Timbul Permohonan Desak Jokowi Pecat Firli Ketua KPK, Ngabalin: Gak Usah Narik-narik Presiden! – reverasite

Posted on

Reverasite.com – Tenaga Pakar Primer Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin meminta semua pihak buat enggak melibatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di dalam hal keputusan yg diambil KPK. Ngabalin menegaskan KPK adalah forum negara yg berkarakter independen dengan enggak boleh diintervensi siapapun.

“Artinya apakah, asal teman-teman itu paham, karena itu sebetulnya keputusan pimpinan KPK itu, ya udah jangan ditarik lagi presidenny,  jangan para menarik-narik Presiden (Jokowi),” ujar Ngabalin kala dikonfirmasi Reverasite.com, Senin (9/8/2021).

Pernyataan Ngabalin merespons adanya desakan terhadap Presiden Jokowi biar memecat Firli Bahuri selaku Ketua KPK. Pasalnya kata Ngabalin, Jokowi kala ini sedang fokus buat menangani pandemi Covid-19. 

“Ini (Presiden) betul-betul konsentrasi menghabiskan masa yg sangat utuh tergantung serta penanganan pandemi Covid 19 serta varian anyar,” kata ia.

Tergantung sikap independen KPK, Ngabalin menuturkan hal tersebut berlandaskan Undang Undang 19 Tahun 2019 implikasi revolusi sedari UU Nomer 30 Tahun 2002 berhubungan dengan Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

See also  Survei IPO: Elektabilitas Anies Teratas, Prabowo Nomer 5 - reverasite

“Pasal 3 berhubungan dengan standing dengan kedudukan, KPK forum negara berkarakter independen. Di dalam melangsungkan tugasnya itu enggak dapat diintervensi oleh siapapun,” ucap ia.

Kagak sahaja itu, Ngabalin pula meminta biar permasalahan tersebut enggak dipolitisir. Ngabalin menyebut institusi KPK diatur pada di dalam Undang Undang. Ada juga kebijakan interior KPK pula tersedia pada UU. 

“(KPK) itu institusi negara, ia (KPK) diatur oleh U, kebijakan internalnya di-backup oleh undang. Tidak usah narik-narik Presiden, tidak usah. Untuk menjadi tidak usah mempolitisir tatacara yg begini-begini, tidak usah dipolitisir,” kata ia.

“Yg punya ilmu, yg punya pengalaman yg punya integritas buat mengabdi terhadap bangsa dengan negara ini silakan. Boleh jadi KPK sempat memadai pengabdiannya cari lagi lokasi yg anyar, menjadi enggak gaduh gitu ya,” sambungnya. 

Timbul Permohonan Pecat Firli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *