Health

Manfaat Menakjubkan Diet Rendah Garam untuk Ibu Hamil di Masa Pandemi Covid-19

Suara.com – Diet rendah garam tak hanya bermanfaat bagi kebanyakan orang, tetapi juga untuk ibu hamil, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Nah, berbicara soal garam, erat kaitannya dengan hipertensi yang faktanya hingga kini masih berpotensi terjadi pada ibu hamil alias bumil.

Angka kejadian pre-eklamsia (hipertensi pada kehamilan) sebenarnya lebih tinggi di negara berkembang seperti Indonesia yang persentasenya mencapai sekitar 7 – 10%.

Menurut dr. Johanes, mengontrol asupan kalori dan nutrisi lainnya sangat penting untuk mencegah risiko hipertensi pada ibu hamil.

Ada beberapa cara untuk mencegah hipertensi dalam kehamilan, serta meningkatkan imunitas ibu dan janin yang dikandungnya.

Salah satu caranya menerapkan pola makan yang memperbanyak sayuran dan ikan, dan strategi diet rendah garam.

Ilustrasi garam. (Shutterstock)
Ilustrasi diet rendah garam baik bagi kesehatan ibu hamil. (Shutterstock)

“Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang kaya sayur dan ikan mengurangi kemungkinan terkena hipertensi gestasional sebesar 14% dan pre-eklamsia sebesar 21%,” ujar dr. Johanes di webinar bertajuk “Peran Gizi Sebagai Langkah Pengendalian Hipertensi dan Menjaga Sistem Imun dalam Kehamilan”, belum lama ini.

Tak hanya itu, sambung dokter yang praktik di RS Melinda Hospital Bandung, diet rendah garam juga menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya penyakit degenerative seperti hipertensi.

“Dengan mencegah hal tersebut, peluang kita untuk menjaga sistem imun semakin tinggi,” imbuh dr Johanes.

Sudah banyak penelitian tentang penurunan asupan natrium (garam), misalnya Halim dkk dalam penelitian terbaru tahun 2020, Journal of Food Science, juga membuktikan peran MSG dalam menjaga rasa nikmat pada makanan meski kadar natriumnya dikurangi antara 30-60%.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close