Health

Lindungi Diri dan Orang Terdekat, Ikuti 7 Tips Pencegahan Covid-19 Varian Baru

Suara.com – Virus corona Covid-19 varian baru terus bermunculan. Di Indonesia sendiri, varian baru virus corona yaitu Alpha, Beta, Delta, Eta, serta Kappa dilaporkan sudah menyebar di 14 provinsi.

Varian Alpha, Beta, dan Delta masuk dalam kategori Variant of Concern, yakni yang sudah terbukti membawa kerugian pada masyarakat global.

Varian delta tersebar luas dan telah terdeteksi di lebih dari 80 negara sejauh ini, menurut WHO. Di Inggris, puluhan ribu kasus telah terdeteksi, dan jumlah tertinggi varian delta.

Temuan virus corona varian baru ini diperkirakan akan menyebabkan lonjakan besar dalam kasus baru Covid-19 di berbagai negara. Hal ini tentunya berefek pada penuhnya rumah sakit dan layanan kesehatan lainnya, serta tenaga kesehatan yang bertumbangan.

Dengan beberapa mutasi Covid-19 yang sekarang beredar, para ahli mengatakan perlu ekstra hati-hati. Masyarakat pun perlu melipatgandakan dan benar-benar berkomitmen untuk mengambil tindakan pencegahan demi melindungi diri kita sendiri dan orang lain dari Covid-19 varian baru.

Di bawah ini adalah beberapa cara kecil namun penting untuk pencegahan Covid-19 varian baru bagi diri sendiri dan orang lain, dirangkum dari SELF.

1. Pakai Masker dobel

ilustrasi masker dua lapis. (Dok. Envato)
ilustrasi masker dua lapis. (Dok. Envato)

Masker wajah adalah tameng utama sebagai pencegahan Covid-19. Masker memberikan penghalang fisik yang dapat membantu mencegah Anda menghirup tetesan pernapasan orang lain sekaligus mencegah menyebarkan tetesan pernapasan Anda sendiri.

Masker yang paling efektif untuk melindungi kita dari Covid-19 adalah respirator N95 dan KN95, namun lebih disarankan dipakai oleh tenaga kesehatan. Untuk masyarakat umum, masker paling efektif berikutnya adalah masker bedah tiga lapis, disusul masker kain dua dan tiga lapis.

Tentunya mengenakan masker yang pas di wajah (mampu menutupi hidung hingga dagu) tetapi tetap nyaman sangat penting, serta masker kain dengan lebih banyak lapisan akan memberikan perlindungan lebih.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close