Health

Konsumsi Gandum Utuh Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Suara.com – Konsumsi gandum disebut bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini diungkap lewat penelitian yang terbit dalam The Journal of Nutrition.

Dikatakan, mengonsumsi tiga porsi gandum dalam sehari, tak hanya menyehatkan jantung tetapi juga dapat mengurangi tekanan darah dan kadar gula dalam tubuh.

Dilansir dari Healthline, para peneliti kemudian mencari tahu mengapa gandum utuh bisa memengaruhi penurunan risiko berbagai penyakit berbahaya tersebut.

Tim peneliti menggunakan data dari Framingham Heart Study Offspring Cohort, yang dimulai pada tahun 1970-an.

Ada 3.121 orang yang berpartisipasi pada penelitian ini, dengan rata-rata responden datang dari kelompok orang kulit putih berusia 50 tahunan.

Hasilnya, para peneliti melihat hasil kesehatan dari konsumsi gandum tersebut. Mereka yang sedikit mengonsumsi gandum alias biji-bijian utuh, mengalami peningkatan gula darah dan tekanan darah sistolik.

Menurut ketua Department of Public & Allied Health Mary-Jon Ludy, PhD, gandum atau biji-bijian merupakan makanan yang baik. Selain itu, gandum juga berperan penting pada kesehatan.

“Lewat kaya serat, gandum membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Dan ini dapat menurunkan kolestrol, sekaligus meningkatkan kesehatan pada pencernaan,” ungkap Mary-Jon yang juga selaku associate professor Food & Nutrition Bowling Green State, University Ohio.

Lewat kombinasi serat vitamin B (thiamin, riboflavin, niacin), vitamin E, dan mineral (besi, magnesium, selenium, seng), gandum berhasil memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk mencegah penyakit baik itu jantung, hipertensi, stroke, diabetes tipe 2, kanker usus besar, dan obesitas.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan gandum juga baik untuk kesehatan perempuan hamil. Bagaimana, ingin memulai dietmu dengan mengonsumsi gandum utuh?



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close