Health

Kewalahan, Indonesia Dapat Pasokan Konsentrator Oksigen dari Singapura

Suara.com – Tingginya angka infeksi Covid-19 dalam beberapa minggu terakhir membuat kebutuhan oksigen di Indonesia meningkat pesat.

Banyak masyarakat, bahkan fasilitas kesehatan – kesulitan mendapat pasokan oksigen yang memang sangat dibutuhkan oleh pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga parah.

Melihat kondisi mengkhawatirkan tersebut, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura bekerja sama dengan Prajogo Pangestu —founder dari Grup Barito Pacific dan Yayasan Bakti Barito— serta Yayasan Temasek, mendonasikan 3.000 unit konsentrator oksigen kepada Indonesia.

Presiden Direktur PT Barito Pacific Tbk Agus Salim Pangestu mengatakan, ini dilakukan untuk meringankan beban masyarakat Indonesia yang saat ini sedang menghadapi peningkatan kasus positif Covid-19.

“Kami mendatangkan unit-unit konsentrator oksigen yang dapat menjadi pertolongan pertama dalam menangani pasien Covid-19. Ini adalah bentuk dari rasa persaudaraan dan simpati kami sebagai perusahaan Indonesia, karena pandemi ini hanya dapat kita lalui apabila kita saling mendukung dan membantu satu sama lain,” katanya dikutip Suara.com dari siaran pers, Kamis (15/7/2021).

Chief executive Temasek Foundation International Benedict Cheong menyampaikan, pihaknya turut menyampaikan solidaritas mendalam kepada negara  Indonesia yang ia sebut sebagai negara sahabat.

“Bersama dengan Yayasan Bakti Barito, kami mengirimkan unit konsentrator oksigen non-invasif berstandar medis yang dapat digunakan di rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.”

Bantuan 3.000 konsentrator oksigen ini diberikan dalam dua tahap yaitu tahap pertama sebanyak 1500 unit konsentrator oksigen, yang didatangkan ke Indonesia bersamaan dengan bantuan penanganan Covid-19 dari pemerintah Singapura.

Bantuan ini diserahterimakan kepada Duta Besar Indonesia untuk Singapura, H.E Tommy Suryopratomo pada 9 Juli 2021 lalu di Singapura dan akan dilanjutkan dalam waktu dekat untuk tahap kedua.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura, H.E. Tommy Suryopratomo menyampaikan bagaimana Singapura telah menunjukkan diri sebagai sahabat sejati bagi Indonesia.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close