Health

Kenaikan Kasus Tertinggi, Indonesia Menggeser India Jadi Episentrum Covid-19 di Asia

Suara.com – Melampaui infeksi harian di India yang mulai menurun, Indonesia disebut menjadi hotspot baru virus corona Covid-19 di Asia. Indonesia melaporkan lebih dari 54.000 kasus virus corona baru untuk pertama kalinya pada hari Rabu (14/7/2021). 

Padahal pada bulan Juni, kasus harian mencapai 8.000 kasus. Para pejabat khawatir bahwa varian delta yang lebih mudah menular sekarang menyebar dari pulau Jawa dan Bali. 

“Saya prediksi wabah akan meningkat terus pada Juli karena kita belum bisa mencegah penyebaran infeksi,” kata pakar epidemiologi Pandu Riono di Universitas Indonesia seperti yang dikutip dari Medical Xpress

“Pembatasan sosial darurat masih belum memadai. Harus dua kali lebih ketat karena kita menghadapi varian delta, yang dua kali lebih menular,” imbuhnya. 

Kementerian Kesehatan melaporkan ada 54.517 kasus baru dan 991 kematian pada hari Rabu (14/7/2021). Ini menjadikan jumlah kasus yang dikonfirmasi sejak pandemi dimulai di atas 2,6 juta dan jumlah kematian yang dikonfirmasi menjadi lebih dari 69.000.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)

Kasus harian yang dilaporkan di Indonesia sekarang lebih tinggi daripada di India, meskipun Indonesia memiliki pengujian berdasarkan populasi yang jauh lebih sedikit.

India melaporkan kurang dari 39.000 kasus pada hari Rabu, jauh di bawah puncaknya yang mencapai lebih dari 400.000 kasus setiap hari pada bulan Mei.

Sejauh ini program vaksin baru sampai 15,6 juta orang yang telah divaksinasi penuh. Indonesia telah mendapat 137,6 juta dosis vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Moderna yang cukup untuk sekitar 69 juta orang.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close