Health

Jangan Panik, Ini Panduan Isolasi Mandiri di Rumah yang Aman

Suara.com – Lonjakan kasus Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia. Sehingga sejumlah rumah sakit mengalami kepadatan, dan pasien bergejala ringan diminta untuk isolasi mandiri di rumah.

Namun, tidak perlu panik jika terpapar virus covid dan kehabisan tempat rawat inap di rumah sakit khusus penanganan Pandemi Covid-19.

Dalam keterangannya, Sabut, (17/7/2021), dr Jonathan Surentu dari Siloam Hospitals Manado berbagi panduan isolasi mandiri (isoman) di rumah yang aman. 

Menurut Jonathan Surentu, isoman mulai dilakukan saat PCR Test atau Hasil Swab Antigen diketahui positif dengan sejumlah gejala ringan pun gejala sedang. Misalnya batuk, pilek, sakit kepala atau tidak memiliki gejala sama sekali (Asimtomatik).

Ilustrasi Covid-19. (Andrea Piacquadio/Pexels)
Ilustrasi Covid-19. (Andrea Piacquadio/Pexels)

“Sebaiknya isoman dilakukan di lingkungan rumah atau di kamar yang memiliki ventilasi udara yang cukup baik. Setelah itu siapkan sejumlah peralatan medis pun obat dan vitamin,” tutur dr. Jonathan Surentu,

Ada sejumlah peralatan dasar yang perlu disiapkan sebelum isoman:

  • Masker Medis
  • Thermometer (pengukur suhu badan)
  • Oxymeter (pengukur saturasi Oksigen)
  • Obat-obatan (paracetamol 3×500 mg bila demam/nyeri, Vitamin C 3×500 mg, Vitamin D 400-1000 IU,
  • Multivitamin, dan obat-obatan yang direkomendasikan dokter.

“Selama melakukan Isoman, protokol kesehatan tetap dipertahankan, yaitu tetap dirumah, selalu cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, gunakan masker, dan tetap menjaga jarak dengan penghuni rumah didalamnya,” ungkap Jonathan.

Dokter Jonathan Surentu yang berpraktek tetap di RS Siloam Manado ini pun mengingatkan jika bergejala batuk,  agar etika batuk pun diterapkan, yaitu gunakan tissu atau menutup mulut dan hidung dengan lengan atas bagian dalam jika batuk berkelanjutan.

Hal lainnya yang tak kalah penting adalah melakukan olahraga ringan selama 30 menit 3-5 kali per minggu, serta berjemur di pagi hari selama 10-15 menit.

“Kebersihan rumah dan kamar pun memegang hal penting selama isoman selain mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga teratur,” imbuh Jonathan.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close