Tekhnology

Fitur Baru Android 12, Bisa Main Game Meski Download Belum Selesai

Suara.com – Google memperkenalkan beberapa fitur dalam mode game baru yang akan dibawa ke sistem operasi Android 12. Salah satu yang menarik adalah fitur yang memungkinkan pengguna bisa main game meskipun belum selesai diunduh.

Mengutip Android Central, Selasa (13/7/2021), fitur baru Android 12 ini dinamakan Play as You Download. Dengan ini pengguna bisa langsung mencicipi game baru tanpa harus menunggu lama saat download.

Fitur ini mirip dengan banyak game yang ada di PlayStation 5 (PS5), di mana fitur lebih memprioritaskan aset-aset penting dalam game ketika diunduh. Sedangkan aset pelengkap lainnya akan tetap diunduh di latar belakang.

Android sendiri sudah menawarkan Instant Apps yang memungkinkan pengguna bisa menggunakan aplikasi atau bermain game tanpa menginstal. Namun fitur ini hanya tersedia di beberapa aplikasi.

Play as You Download ini akan ditujukan untuk game besar yang memiliki kapasitas hingga 400MB atau lebih. Dengan begitu fitur akan mengurangi waktu tunggu saat pengguna ingin langsung main game.

Selain itu, Google juga menyediakan dashboard game baru yang akan hadir di Android 12. Ini akan memberikan pengguna akses cepat seperti rekam layar hingga screenshot, sama seperti mode game yang saat ini bisa ditemukan di beberapa ponsel Android.

Kemudian pengembang aplikasi juga memanfaatkan Game Mode API untuk membantu mengoptimalkan aplikasi. Misalnya, game tetap bisa dijalankan secara efisien meskipun ponsel dalam mode hemat baterai.

Lalu ada Play Asset Delivery yang membantu kompresi ukuran file menjadi lebih baik. Pengembang aplikasi juga disediakan Play Integrity API untuk memungkinkan mereka mengatasi berbagai penyalahgunaan seperti cheat dalam game.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close