Health

Dokter Zaidul Akbar Sarankan Pasien Kanker Untuk Puasa Daud, Ini Penjelasannya

Suara.com – Semua jenis kanker memang memerlukan penanganan medis secara khusus dan bahkan multi disiplin. Tapi Dokter Zaidul akbar mengatakan penanganan kanker juga bisa didampingi terapi herbal dan perbaikan pola hidup.

dr. Zaidul akbar menyarankan pasien kanker untuk melakukan detoksifikasi atau metode untuk membersihkan racun dan zat berbahaya dalam tubuhnya, seperti berpuasa.

“Detoksifikasi yang paling bagus yang bisa kita kerjakan itu puasa. Jadi kalau saya boleh menyarankan coba rutin berpuasa sunnah baik Senin dan Kamis rutin atau Puasa Daud selama tiga bulan berturut-turut jangan putus,” ujarnya dalam kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official dikutip┬ásuara.com, Selasa (20/7/2021).

Puasa Daud adalah jenis puasa dalam islam yang dicontohkan Nabi Daud, di mana metode sehari puasa sehari tidak, atau puasa selang satu hari selama tiga bulan berturut-turut.

Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)
Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

dr. Zaidul menambahkan langkah selanjutnya yakni menghentikan sementara makanan dan minuman olahan atau process food yang biasanya mengandung pewarna dan pengawet agar tahan lama.

Selama tiga bulan saat sedang puasa, dr. Zaidul menyarankan untuk mengubah pola makan menjadi berbasis tumbuhan atau plant based diet.

“Itu makanan berbasis tumbuh-tumbuhan dulu, itu insyaAllah akan sangat membantu dan bukan saya mengajarkan vegetarian, tapi saya mengajarkan untuk memperbaiki keseimbangan oksidasi dalam tubuh kita dengan plant based diet, sayur organik buah organik,” imbuh dr. Zaidul.

Terakhir, dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip), Semarang ini mengingatkan pentingnya pikiran yang sehat untuk melawan kanker, sehingga disarankan mendekatkan diri kepada sang pencipta dengan berdzikir dan membaca alquran.

“Tenangkan hati dan pikiran itu akan sangat membantu dan perbanyak baca Alquran dan kebaikan lain. Itu sudah 50 persen akan sangat membantu penyembuhan,” pungkas dr. Zaidul.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close