Health

Dianggap Sehat, 4 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Gigi

Suara.com – Beberapa hal yang dilakukan setiap hari dan dianggap sehat, ternyata dapat merugikan kesehatan gigi Anda. Memang kebiasaan ini tidak langsung menyebabkan dampak buruk pada kesehatan gigi.

Namun jika dilakukan secara terus-menerus, risiko kerusakan gigi akan terus meningkat seiring waktu. Dilansir dari Live Strong, berikut kebiasaan yang dapat merusak gigi tanpa Anda sadari.

1. Menggosok gigi terlalu keras

Sikat berbulu keras bersifat abrasif pada gigi dan gusi. Maka dari itu gunakan sikat berbulu lembut dan sika dengan ringan selama dua menit penuh.

Menggosok atau menyikat gigi terlalu keras menekan juga tidak perlu. “Tekanan menyikat ringan menghilangkan residu lengket pada gigi. Setelah mengeras menjadi kalkulus, hanya profesional gigi yang dapat menghilangkannya” kata Michelle McGregor, RDH, MEd, profesor dan direktur Program Kebersihan Gigi di Sekolah Kedokteran Gigi Universitas Virginia Commonwealth.

Dianggap Sehat, 4 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Gigi - 1

2. Langsung menyikat gigiĀ 

Baru saja menyeruput air lemon? Langsung menyikat gigi setelahnya dapat menyebabkan masalah.

“Adalah keliru bahwa jika Anda makan atau minum sesuatu yang asam, Anda harus segera menyikatnya. Asam itu sedikit melembutkan email, jadi menyikat segera setelah itu dapat memperburuk kerusakan,” jelas McGregor.

Karenanya, bilas mulut Anda setelah makan atau minum makanan asam. Umumnya, dibutuhkan 20 menit setelah makan agar pH di mulut kembali ke netral secara alami. Jika sudah melewati waktu tersebut, Anda boleh sikat gigi.

Ilustrasi sikat gigi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi sikat gigi. (Sumber: Shutterstock)

3. Minum jus tiap hari



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close