Health

Daftar 10 Jenis Obat untuk Pasien Covid-19 dari Remdesivir hingga Acetazolamide

Suara.com – Setahun lebih pandemi, berbagai macam obat diklaim mampu menyembuhkan pasien Covid-19. Namun, sejatinya belum obat yang mampu mengatasi penyakit tersebut. Pemberian obat hanya berfungsi untuk meredakan gejala. Sejauh ini ada daftar sepuluh jenis obat untuk pasien Covid-19 yang populer seperti remdesivir dan hydroxychloroquine.

Media kesehatan Healthline menulis bahwa tidak ada obat Covid-19 yang ada hanya obat untuk pasien Covid-19 agar meredakan gejalanya. Kebanyakan orang hanya termakan informasi di internet terutama media sosial. Padahal tak semua informasi itu mengandung kebenaran.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) tidak merekomendasikan penggunaan obat tertentu untuk menyembuhkan pasien Covid-19. Sebaliknya, lembaga justru mengirimkan surat peringatan bagi perusahaan yang melakukan kampanye berlebihan terkait sebuah obat yang diklaim bisa menyembuhkan pasien Covid-19.

Berikut penjelasan mengenai daftar 10 jenis obat untuk pasien Covid-19. Hari-hati obat-obatan ini tidak direkomendasikan.

1. Remdesivir

FDA hanya mengizinkan pemberian Remdesivir untuk pasien dengan gejala berat. Sebelumnya remdesivir digunakan untuk mengatasi virus ebola. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan obat yang sama mampu membantu mempercepat pemulihan pasien Covid-19.

Namun, remdesivir tidak sepenuhnya aman. Obat ini menyebabkan peningkatan kadar enzim hati yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ tersebut.

2. Ciclesonide (Alvesco)

Ciclesonide merupakan obat untuk asma, tetapi belum terbukti efektif jika diberikan untuk pasien Covid-19. Sebaliknya, obat ini cenderung berefek buruk seperti menyebabkan gatal, ruam kulit, dan hidung tersumbat.

3. Acetazolamide



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close