Health

Cintai Ususmu, Ketahui 4 Gangguan Sistem Pencernaan Paling Umum

Suara.com – Organ pencernaan manusia dimulai dari mulut hingga anus. Selama proses tersebut, makanan harus melewati sebanyak 12 organ.

Setiap organ punya peranannya masing-masing dalam mencerna makanan agar nutrisi dapat terserap ke tubuh dan mengubahnya jadi energi.

Oleh sebab itu, apabila terjadi gangguan pada sistem pencernaan, tentu penyerapan makanan juga jadi terganggu.

Dikutip dari Ruang Guru, berikut sejumlah gangguan yang bisa terjadi pada sistem pencernaan manusia.

1. Diare

Ilustrasi sakit perut, asam lambung, mulas, diare (Pixabay/derneuemann)
Ilustrasi diare (Pixabay/derneuemann)

Diare disebabkan karena infeksi bakteri disentri, zat-zat beracun, atau makanan yang salah pada kolon (usus besar). Hal-hal itu yang pada akhirnya menyebabkan gangguan pada penyerapan air, sehingga sisa makanan yang ada di dalam tubuh masih banyak mengandung air. 

Hasilnya, feses yang dikeluarkan menjadi encer. Selain itu, alergi terhadap makanan tertentu juga dapat menimbulkan diare. Hal paling umum yang menyebabkan hal tersebut adalah alergi terhadap protein susu atau lactose intoleran. 

Terlebih secara fisik, kemampuan tubuh manusia dalam mencerna laktosa memang semakin menurun seiring bertambahnya usia. Sehingga, kemungkinan terjadi diare akibat laktosa akan semakin besar.

2. Sembelit

Ilustrasi sembelit (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi sembelit (Sumber: Shutterstock)

Kebalikan dengan diare, sembelit atau konstipasi adalah gangguan pada sistem pencernaan yang disebabkan oleh penyerapan air yang berlebihan. Ada berbagai alasan yang menyebabkan terjadinya sembelit. Misalnya, kurang minum, kurang makan berserat, tidak membiasakan diri buang air besar setiap hari, dan stres. 



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close