Health

Catat! Penyebab Mabuk Perjalanan dan 5 Cara Mengatasinya

Suara.com – Bagi beberapa orang perjalanan menggunakan kendaraan sangatlah menyiksa, karena gejala mual atau pusing jadi keluhan yang rutin dialami atau disebut juga mabuk perjalanan.

Profesor Kedokteran UCLA, Elizabeth Ko, MD mengatakan mabuk perjalanan terjadi saat otak tidak bisa memahami dan menyerap informasi yang dikirimkan mata, telinga dan tubuh.

Saat mobil, kereta api atau pesawat bergerak, mata, telinga, dan bagian dalam tubuh akan memberikan informasi jika Anda sedang bergerak maju.

Namun karena tubuh tetap duduk, otot dan persendian mengirim pesan jika tubuh tidak bergerak alhasil otak tidak bisa menyerap informasi.

“Bentrokan antara sinyal-sinyal inilah yang memicu gejala mabuk perjalanan,” jelas Ahli Otoneurologi Massachusetts Eye and Ear Infirmary, mengutip Insider, Selasa (20/7/2021).

Ilustrasi mabuk perjalanan. (Elements Envato)
Ilustrasi mabuk perjalanan. (Elements Envato)

Gejala mabuk perjalanan tidak hanya terjadi di kendaraan seperti mobil, tapi juga bisa terjadi saat bermain game, menggunakan perangkat realitas virtual (VR).

Beberapa gejala mabuk perjalanan di antaranya seperti rasa mual yang tiba-tiba, keringat dingin, pusing, mual dan muntah. Berikut beberapa cara mengobati mabuk perjalanan yang bisa dilakukan:

1. Fokus pada pemandangan jauh

Alih-alih melihat jalan raya yang bergerak cepat, disarankan arahkan pengelihatan pada pemandangan yang jauh di luar jendela. Dengan melihat langit atau cakrawala, maka akan mengurangi konflik yang terjadi antara mata dan tubuh untuk meredakan mual.

2. Menghadap ke depan



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close