Sport

Berkaca Mimpi Buruk di Rio, Hendra/Ahsan Redam Ambisi di Olimpiade Tokyo

Suara.com – Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan tak mau hasil buruk lima tahun lalu di Olimpiade Rio de Janeior terulang di Tokyo 2020. Mereka meredam ambisi agar mendapat hasil yang lebih baik.

Di Olimpiade 2016, Hendra/Ahsan gagal menjawab ekspektasi. Mereka tersingkir di babak penyisihan Grup D setelah cuma meraih satu kemenangan dari tiga laga.

Hasil itu cukup mengejutkan bagi Indonesia, lantaran Hendra/Ahsan yang merupakan satu-satunya wakil dari sektor ganda putri Indonesia, diberi target besar yakni merengkuh medali emas.

Lima tahun telah berlalu pasca memori buruk tersebut, Hendra/Ahsan kembali lolos, kali ini ke Olimpiade Tokyo. Hasil undian, menempatkan mereka di Grup D, sebagaimana saat tampil di Olimpiade 2016.

Meski masuk dalam grup yang sama, The Daddies –julukan Hendra/Ahsan– jelas ingin meraih hasil berbeda. Ambisi pun mereka redam agar mimpi buruk lima tahun lalu tak terulang.

“Saya tidak ingin terlalu ambisius. Ambil saja langkah demi langkah. Sebuah medali akan menjadi target,” kata Mohammad Ahsan dikutip dari laman resmi BWF, Senin (19/7/2021).

Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan [Badminton Photo/Yves Lacroix]
Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan [Badminton Photo/Yves Lacroix]

“Ketika kami berada di sana, kami harus melakukannya selangkah demi selangkah karena sejak awal, apa pun bisa terjadi.”

“Hal yang sama yang terjadi pada tahun 2016 bisa terjadi lagi. Bahkan jika kami menang melawan pasangan di berbagai turnamen, di Olimpiade kami masih bisa kalah,” tambahnya.

Berbeda dengan lima tahun lalu, tekanan yang dihadapi Hendra/Ahsan kali ini terbilang menurun. Mereka bukan lagi pasangan yang paling diandalkan, menyusul adanya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang kini menduduki peringkat satu dunia.

Hendra menjelaskan bahwa ajang Olimpiade memang menawarkan pengalaman berbeda bagi atlet. Bukan hanya kemampuan teknis semata yang jadi penentu, tetapi mentalitas juga dibutuhkan untuk menang.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close