Health

Awas, Asupan Kopi Berlebih Bisa Sebabkan Osteoporosis, Ini Kata Pakar

Suara.com – Para peneliti dari University of South Australia menunjukkan bahwa kelebihan kafein dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko osteoporosis.

Melansir dari Medical Xpress, para peneliti menyelidiki efek kopi pada bagaimana ginjal mengatur kalsium dalam tubuh.

Peneliti menemukan bahwa dosis tinggi kafein (800 mg) yang dikonsumsi selama enam jam hampir dua kali lipat jumlah kalsium yang hilang dalam urin.

Ini adalah studi pertama yang melaporkan dampak dari dosis tinggi, asupan kafein jangka pendek pada pembersihan ginjal kalsium, natrium, dan kreatinin pada orang dewasa yang sehat.

Doker Hayley Schultz dari UniSA mengatakan dengan munculnya budaya kopi yang meningkat, penting bagi orang untuk memahami dampak dari apa yang mereka masukkan ke dalam tubuh mereka.

“Kafein adalah salah satu obat rekreasi yang paling banyak digunakan di dunia, dengan 80 persen orang dewasa mengonsumsi setidaknya satu minuman berkafein per hari,” kata Dr. Schultz.

Ilustrasi kopi (Pixabay/Christoph)
Ilustrasi kopi (Pixabay/Christoph)

Kopi memang stimulan yang umum dikonsumsi oleh para profesional, orang tua, pekerja shift, dan remaja sama-sama untuk memulai hari mereka dan tetap waspada bahkan militer menggunakan kafein untuk membantu memerangi kantuk.

“Tetapi sementara kopi memiliki kelebihannya, penting juga untuk mengakui kekurangannya salah satunya adalah bagaimana ginjal kita menangani kalsium.

“Penelitian kami menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 800 mg kafein selama hari kerja biasa akan mengalami peningkatan 77 persen kalsium dalam urin mereka, menciptakan potensi kekurangan yang dapat berdampak pada tulang mereka,” imbuhnya, 

Osteoporosis adalah penyakit kronis, menyakitkan, dan melemahkan yang membuat tulang Anda kurang padat dan lebih rentan patah.

Lebih sering terjadi pada perempuan, terjadi ketika tulang kehilangan kalsium dan mineral lain lebih cepat daripada yang dapat digantikan oleh tubuh.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close