Health

Apa Itu Obat Oseltamivir? Ini Manfaat, Dosis dan Efek Sampingnya

Suara.com – Obat Oseltamivir dihapus dari standar perawatan Covid-19 baru-baru ini. Lantas apa itu obat Oseltamivir? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Sebelumnya, obat Oseltamivir ini menjadi salah satu obat yang diberikan pada pasien Covid-19 pada gejala ringan hingga kritis. Namun saat ini obat Oseltamivir hanya diberikan pada pasien Covid-19 yang diduga terkena virus influenza.

Dirangkum dari berbagai sumber, Oseltamivir merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi virus influenza tipe A (misalnya flu burung) atau B. Obat ini juga dikonsumsi untuk mencegah flu pada pasien yang baru saja terpapar virus influenza dari penderitanya maupun lingkungan.

Cara Kerja Obat Oseltamivir

Obat Oseltamivir ini bekerja dengan menghambat enzim neuraminidase. Enzim tersebut berfungsi untuk mereplikasi virus yang memudahkan virus tersebar ke seluruh bagian tubuh.

Namun penggunaan obat ini tidak efektif dalam mengatasi gejala Covid-19. Obat ini hanya efektif dikonsumsi bagi pasien Covid-19 yang diduga memiliki infeksi virus influenza.

Dosis Obat Oseltamivir

Obat Oseltamivir hanya dikonsumsi dengan resep dokter. Oseltamivir tersedia dalam bentuk kapsul dan suspensi. Oseltamivir digunakan untuk mengobati gejala flu yang diminum 2 kali sehari yakni pagi dan sore.

Jika digunakan untuk mencegah flu dapat diminum sehari sekali dalam 10 hari atau 6 minggu. Obat Oseltamivir sebaiknya dikonsumsi setelah makanan namun jika dikonsumsi sebelum makan maupun dalam keadaan perut kosong dapat menyebabkan sakit perut.

Obat Oseltamivir yang telah diberikan oleh dokter harus dikonsumsi hingga habis meskipun kondisi pasien telah lebih baik. Hal ini bertujuan agar obat bekerja secara maksimal.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close