Health

Abai Perawatan Wajah di Masa Pandemi, Awas Risiko Skindemik, Apa Itu?

Suara.com – Kebiasaan baru selama masa pandemi Covid-19 tak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, jiwa dan mental, tetapi juga kulit termasuk kulit wajah.

Ya, bila Anda mengabaikan perawatan wajah, maka risiko skindemik bukan tidak mungkin akan dialami.

Lantas, apa yang dimaksud dengan skindemik? Simak penjelasan lengkapnya.

Seperti diketahui, selama pandemi Covid-19 kita diharuskan untuk menyesuaikan dengan kebiasan-kebiasan baru, seperti sering membersihkan tangan pakai sabun dan air atau hand sanitizer, menggunakan masker bahkan hingga berjam-jam bila berada di tempat umum atau kantor, dan masih banyak lagi.

Ilustrasi mencuci wajah, perawatan wajah, membersihkan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi rutin membersihkan wajah setiap hari mencegah skindemik. (Shutterstock)

Segala penyesuaian atau kebiasaan baru selama masa pandemi tersebut ternyata bisa menimbulkan dampak tak hanya terhadap kesehatan fisik dan mental, tetapi juga pada kulit, termasuk wajah Anda.

Nah, seringnya memakai masker terlalu lama dan berada di ruangan ber-AC lantaran jarang aktivitas di luar rumah, ditambah sering dengan kondisi pandemi ternyata bisa memicu permasalah kulit yang disebut skindemik.

Dokter Spesialis Kulit, dr. Eddy Karta Sp.KK,Ph.D mengatakan skindemik adalah berbagai permasalahan kulit yang muncul akibat situasi pandemi. Gejala umum skindemik bisa berupa jerawat, iritasi, kulit kering, mengelupas, ruam, gatal hingga dermatitis atau peradangan pada kulit.

Skindemik juga bisa dialami oleh orang yang sering di rumah aja, karena stres, kurang istirahat, dan tidak rutin olahraga.

“Nah, skindemik terjadi karena orang mengabaikan perawatan wajah, bahkan tidak melakukan perawatan wajah yang paling mendasar, yaitu mencuci muka. Padahal penggunaan masker yang terlalu lama, terlebih lagi saat ini dianjurkan untuk menggunakan masker dua lapis, menyebabkan kulit iritasi, sehingga muncul jerawat dan wajah kusam,” terang dr. Eddy dalam keterangan tertulisnya yang diterima Suara.com, baru-baru ini.

Untuk itu, ia menganjurkan pentingnya rutin perawatan wajah setiap hari. Cara paling mudah untuk merawat kulit agar tetap sehat, kata dr. Eddy, rajin membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, dengan durasi mencuci muka minimal satu menit agar kotoran terangkat maksimal.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close