Health

5 Cara Memperbaiki Kualitas Tidur yang Buruk

Suara.com – Menurut World Sleep Society atau organisasi nirlaba di bidang kualitas tidur, masalah tidur telah menjadi epidemi global yang mengancam kesehatan dan kualitas hidup masyarakat dunia.

Padahal kualitas tidur yang baik sangat penting bagi kesehatan. Bagi Anda yang memiliki masalah tidur, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan seperti yang telah dikutip Suara.com dari berbagai sumber.

Lakukan rutinitas
Sebelum tidur Anda bisa melatih otak Anda untuk melakukan aktivitas. Baik itu mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik yang menyenangkan.

Selain itu, Anda juga bisa lakukan teknik pernapasan ataupun kegiatan fisik. Seperti yoga, meditasi, dan peregangan. Jika Anda sudah melakukan aktivitas tersebut dan ingin istirahat, tentu ini akan memudahkan Anda untuk tidur lebih nyenyak.

Ilustrasi Mengantuk. (freepik)
Ilustrasi Mengantuk. (freepik)

Matikan lampu
Agar tidur lebih nyenyak, disarankan untuk matikan lampu kamar. Pastikan kamar dalam keadaan gelap untuk membantu Anda fokus istirahat. Namun, jika ruangan tidak cukup gelap, disarankan menggunakan penutup mata untuk membantu tidur. Menurut penelitian, jika tubuh terkena cahaya lampu saat tidur, ini bisa memperlambat dan menghentikan produksi melatonin.  

Hindari alkohol
Agar tidur lebih mudah, disarankan untuk menghindari konsumsi alkohol. Meski alkohol dikatakan bisa membantu siklus tidur, tapi alkohol juga bisa membahayakan kesehatan Anda.

Hindari makanan berat dan pedas
Selain bisa membuat perut mulas, sebuah penelitian mengungkap makanan pedas juga bisa memengaruhi hormon saat tidur. Agar terhindar dari masalah ini, National Sleep Foundation menyarankan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti ceri, teh kamomil, pisang, jahe, dan peppermint.

Kurangi jumlah kafein
Salah satu agar Anda mudah tidur yaitu dengan cara mengurangi jumlah kafein baik itu kopi, teh, dan soda. Untuk menambah kualitas tidur, disarankan mengonsumsi cokelat panas.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close