Health

4 Cara Membantu Orang Terdekat yang Telah Didiagnosis Depresi

Suara.com – Tidak semua orang punya mental kuat. Ada kalanya bisa merasa jatuh, bahkan sulit untuk mengelola mental yang dapat berujung depresi.

Jika orang terdekat atau orang yang Anda cintai memiliki gangguan jiwa seperti depresi, Anda perlu membantu mereka agar mereka merasa nyaman.

Dikatakan profesor psikologi dan psikiatri Keck School of Medicine University Of California, April Thames, PhD, orang depresi umumnya kehilangan minat dan aktivitas yang biasa dijalankan sehari-hari.

Jika seseorang terdekat Anda telah didiagnosis menderita depresi, berikut empat cara yang bisa membantu mereka seperti dilansir dari Everyday Health.

Ilustrasi orang depresi (Unsplash/Carolina Heza)
Ilustrasi orang depresi (Unsplash/Carolina Heza)

1. Dengarkan dan jangan dihakimi
Saat seseorang yang Anda cintai memiliki tanda-tanda depresi, perlu dengarkan mereka dan jangan dihakimi. Hal ini diungkap oleh profesor psikiatri dari University of Arizona, Ole Thienhaus, MD. “Mendengarkan itu adalah hal yang paling penting untuk membantu mereka,” ungkapnya. 

2. Bantu mereka untuk mendapatkan perawatan
Seseorang dengan tanda-tanda depresi memerlukan bantuan perawatan kesehatan jiwa. Walaupun stigma kesehatan mental dianggap sepele, Anda perlu membantu mereka untuk mendapat akses ke psikiater atau mengunjungi perawatan profesional.

3. Dukung mereka dalam rutinitas sehari-hari
Meski perawatan profesional sangat penting untuk membantu mereka yang depresi, Anda juga perlu mendukung mereka saat melakukan rutinitas sehari-hari. Salah satunya berikan afeksi yang positif terhadap apa yang mereka lakukan. Tentunya, ini bisa membuat mereka merasa sehat secara mental.

4. Perhatikan perubahan usai konsultasi
Perhatikan orang yang Anda cintai ketika sudah melakukan konsultasi. Salah satunya dengan melihat perubahan mereka. Jika membaik, tentu ada hasil yang positif, salah satunya mampu tersenyum lagi saat berbicara, lebih santai menghadapi masalah, dan memiliki sikap yang tenang.



Selengkapnya suara.com

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close